Jumat, 29 Juli 2016

KWU Seni menjual dan Teknik Promosi


SENI MENJUAL DAN TEKNIK PROMOSI

 

1.      Seni Menjual

Menjual adalah seni (art) yang harus dilaksanakan oleh penjual untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Tujuan Menjual

Melaksanakan kemampuan dalam seni menjual, yaitu menjual kepandaian jasa maupun barang-barang kepada calon pembeli.

Persyaratan bagi seorang penjual adalah harus mempunyai pengetahuan tentang :

a)      Ilmu / teknik menjual

b)      Produk / barang / jasa yang akan dijual

c)      Sifat dan watak pembeli

 

Teknik Menjual Dengan menggunakan metode AIDAS

A   Attention ( Perhatian )

Penjual haris dapat menarik perhatian calon pembeli melalui penawaran produk dengan penampilan menarik, sopan, ramah, menghargai, dan sebagainya.

I  Interest ( Kepentingan )

penjual harus mampu mendorong calon pembeli supaya merasa mempunyai kepentingan terhadap barang yang ditawarkan.

D  Desire ( Keinginan )

Setelah calon pembeli merasa mempunyai kepentingan terhadap penawaran produk, penjual harus mampu mendorong mereka menjadi berkeinginan untuk membeli.

A  Action ( Tindakan )

Dari keinginan untuk membeli, bantulah mereka untuk mengadakan transaksi.

S  Servis (Pelayanan )

Pelayanan yang baik dalam konsep pelayanan prima.

Pelayanan Prima adalah pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas kepada pelanggan.

Pelayana Prima meliputi A3 yaitu :

1.      ATTITUDE ( Sikap )

v  Melayani pelanggan dengan penampilan serasi

v  Melayani pelanggan dengan pikiran positif

v  Melayani pelanggan dengan sikap menghargai

2.      ATTENTION ( Perhatian )

v Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan

v Mengamati perilaku pelanggan

v Mencurahkan perhatian penuh

3.      ACTION ( Tindakn )

Melakukan transaksi penjualan dengan menguntungkan kedua belah pihak sehingga pembeli merasa puas.

 

2.      Teknik Promosi

Promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk sesuai dengan permintaan konsumen.

Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan :

a.       Pemasangan iklan

b.      Penjualan langsung

c.       Pelayanan penjualan

d.      Demonstrasi

e.       Spanduk, pamphlet, brosur,dll

Cara Penyusunan alat promosi :

a)    Tulisan, gambar, dan penampilan dibuat mudah terbaca dan menarik

b)    Tulisan dibuat dengan bahasa yang mudah dimengerti

c)    Kata-kata promosidisesuaikan dengan keadaan yang dipromosikan.

 

 

Pengertian Promotional Mix

Promotional mix adalah bauran / panduan strategi pemasaran / promosi untuk membangun relasi yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan / mendapatkan uang dari produk yang kita tawarkan.

Promosi dengan Promotional Mix :

1.    ADVERTENSI

Penyajian barang / jasa yang dibiayai oleh sponsor ( pengiklanan ) dalam media masa.

Contoh : Majalah, surat kabar, radio, Televisi, dll.

2.    PERSONAL SELLING

Penjual langsung berhubungan dengan calon pembeli untuk mempromosikan produk.

3.    SALES PROMOTION

Segala bentuk kegiatan penjualan mulai dari display, penyediaan fasilitas serta pelayanan penjualan.

4.    PUBLICITY

Publisitas yang baik akan merangsang permintaan dari suatu produk.

 

Sasaran Promosi

a.    Seluruh masyarakat konsumen

b.    Para pembeli produk dari perusahaan tersebut

c.    Para pemakai produk

d.   Mereka yang mempunyai potensi menjadi pembeli

e.    Para distributor dan para agen yang bersedia menjualkan produknya

 

Tujuan Promosi

Ø Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen

Ø Memberi informasi tentang penawaran produk

Ø Membujuk sonsumen agar menyenangi dan mendorong untuk membeli

Ø Meningkatkan masyarakat konsumen tentang manfaat produk

Ø Mempertahankan merk dari suatu produk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar